Jumat, 15 Juli 2016

FAQ #bantuskripsibasyir

Okay, jadi berikut pertanyaan-pertanyaan yang mungkin akan ditanyakan ketika kamu mau ikutan undian berhadiah yang saya lakukan (demi sarjana!)

Untuk Responden:

Q: "Bagaimana cara ikutannya?"

Ketika mengisi formulir, di bagian identitas diri ada kolom untuk memasukkan alamat surat elektronik (email) apabila bersedia dihubungi lebih lanjut. Nah, alamat email ini nanti akan saya gunakan hanya untuk menghubungi anda apabila anda menang undian. Anda boleh memilih untuk memasukkan alamat email atau tidak. Namun, apabila anda tidak memilih untuk memasukkan alamat email, berarti anda memilih untuk tidak mengikuti proses undian ini.

Yup, undian ini bersifat sukarela! Anda boleh ikut, tidak juga tidak apa-apa. :-)

Q: "Wah, asik juga! Hadiahnya apa aja, nih?"

Untuk hadiah ada pulsa sebesar 25k IDR untuk 12 orang yang beruntung! Tapi hadiah pulsa hanya untuk 100 orang pengisi pertama. Jadi hanya 100 orang pengisi pertama saja yang bisa mendapatkan hadiah pulsa.. Ayo siapa cepat dia dapat!

Walaupun begitu, Saya akan membagikan berbagai macam buku koleksi pribadi saya. Bukunya masih diupdate secara berkala. Masih ada 1 kontainer lagi yang belum di data bukunya. Jadi bakalan banyak dan unik-unik. Sekedar informasi: saya suka buku yang berbau psikologi populer, manajemen, public speaking, dan politik. Beberapa lainnya itu buku-buku skillset seperti edit video dan gambar, atau beberapa buku yang entah kenapa saya bingung kok beli buku itu. Tenang aja, semua mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan hadiah kok :D

Q: "Bagaimana proses pengundiannya?"

Proses pengundian akan dilakukan dengan beberapa tahap, yaitu:


  1. Mengelompokkan orang-orang yang sudah bersedia untuk dihubungi.

    (pada undian sebelumnya di sini, tidak semua orang mencantumkan alamat emailnya. Sehingga hanya orang-orang yang mencantumkan email saja yang dihubungi.)
     
  2. Setelah dikumpulkan, saya akan menggunakan RNG (Random Number Generator) untuk melihat siapa-siapa saja yang terpilih untuk menjadi pemenangnya. Proses ini akan saya rekam sebagai bukti objektivitas pemilihan pemenang secara random. Nantinya saya akan memiliki list siapa-siapa saja yang dihubungi, mulai dari urutan pertama sampai terakhir.
     
  3. Setelah saya mendapatkan nama-nama tersebut, saya akan menghubungi secara personal melalui alamat email mereka. Saya berikan waktu selama 24 jam sebelum mereka menjawabnya. Apabila mereka tidak menjawab, berarti hadiah jatuh ke tangan orang yang dibawahnya, dst. Oleh karena itu, pastikan anda mengecek email anda!
     
  4. Hadiah saya kirim ke pemenang. Setelah semua dikirim, baru video mengenai pemilihannya saya posting di twitter saya.
Q: "Wih kayaknya ribet amat?"

Walaupun ribet, tapi prosedurnya jelas, bukan? Ini semata-mata untuk memberikan keadilan kepada anda sebagai seseorang yang ikutan undian sehingga anda tidak merasa ditipu :-)

(...psst, asal tau aja nggak semua undian prosedurnya jelas. Hati-hati dibohongin yah, hihi!) 

Q: "Loh, kok di twitter? Kenapa tidak di facebook saja? Atau Path? atau (insert social media here)?"

Terlepas dari facebook sebagai sosial media nomor 1 di dunia, profile saya tidak bisa dilihat apabila anda belum mendaftarkan diri di facebook. Sementara itu, anda bisa melihat twitter saya tanpa harus mendaftar terlebih dahulu, yang mana membuat twitter menjadi lebih mudah diakses bagi mereka yang nggak punya akun tersebut.

Q: "Nah kalau begitu umumkan di blog anda saja, bukankah lebih mudah lagi dibanding di sosial media?"

...iya juga, sih. Tapi kan suka-suka gue dong! Wek. :-P

(lagipula, anda menjadi ada alasan untuk membuka twitter saya, bukan? Yang penting traffic naik, broh! *ngomongsendiri*)

Q: "Jadi apa lagi yang saya harus tau?"

Umm.. Sepertinya sudah jelas, sih.


Oh, ya! Ada lagi.

Untuk undian buku, apabila nama anda masuk ke dalam RNG, anda berhak memilih 1 buku yang anda mau. List buku bisa dilihat di sini.

Berikut timeline di mana saya akan menghubungi pemenang dan melakukan pengumuman. Save the date, folks.

untuk penelitian awal (bit.ly/penelitianbasir1)
  • Pengiriman email pemenang-17 Juni 2016
  • Pengumuman via twitter-24 Juni 2016.
Untuk penelitian yang sedang berlangsung (bit.ly/penelitianbasir2)
  • Pengiriman email pemenang-24 Agustus 2016
  • Pengumuman via twitter-31 Agustus 2016
Seluruh pemenang akan saya kirim emailnya bersamaan, bagi pemenang buku sifatnya first call, first serve. Apabila ada buku yang kamu inginkan, pantengin email kamu dan hubungi saya duluan pada tanggal tersebut. Okei?

Sekian dan terima kasih! Ada pertanyaan? Silahkan hubungi saya di achmadbasyirsa@gmail.com

Cheers!

UPDATE 1 - 15 Agustus 2016

Hello! Alhamdulillah, skripsi saya sudah selesai berkat bantuan teman-teman sekalian. Namun saya perlu meminta maaf sebelumnya karena akan ada pergeseran timeline terkait pengumuman email pemenang dan pengumuman via Twitter. Hal ini disebabkan karena saat ini saya sedang fokus untuk merevisi skripsi saya. Waktu revisi hanya satu minggu, dan karena batas pengumpulan tanggal 19 agustus 2016 (which is sebentar lagi!!!!) maka saya memundurkan timeline tersebut.

Untuk judul buku yang lebih lengkap akan saya update pada tanggal 21 Agustus 2016. Pastikan teman-teman sudah memilih buku yang diinginkan. Ingat, first call, first serve. :)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar